Jumat, 28 November 2014

CARA PALING MUDAH REGISTRASI ONLINE BPJS



CARA REGISTRASI ONLINE BPJS

Pengalaman pribadi (True Story) : Tanpa antri dan tanpa calo hanya dengan Daftar Online semua pun beres, e-ID BPJS ditangan…yeeesss.
3 hari sebelumnya hari  Kamis  jam 2 siang  iseng-iseng saya coba daftar ke kantor cabang BPJS terdekat dimanado yaitu dijalan teling tingkulu.. Begitu sampai ternyata antrian panjang terlihat mengular. Saya  parkir motor dan tanya ke bagian CS sekalian maksud hati ambil nomor antrian,tapi ternyata nomor antrian hanya bisa diambil pukul 06.00 WIB, wow… malahan ada yang bilang mending jam 04.00 subuh…eecchh busyet..itu antri atau Bertapa
Akhirnya saya putuskan untuk putar balik (putar bale ) motor, eh pas diparkiran ditawarin jasa sama calo untuk pendaftaran besok beres diurus sama si calo cukup dengan bayar Rp. 25.000,- . hmmmm…berhubung rasa nasionalisme saya yang tinggi (hahahhaa) , secara nyata-nyata saya tolak dan ingin mencoba sendiri, biar tahu prosesnya. Wakwaw…
Hari ini Minggu tepatnya, saya nyoba menyelam ke dunia maya dan ghaib di internet mencari informasi tentang BPJS, eh ketemu formulir pendaftaran ONLINE BPJS, kata petunjuk mbah penunggu website BPJS kita bisa mendaftar mandiri melalui form yang telah disediakan dan mendaftarkan Pendaftaran Anggota Keluarga berdasarkan No.Regisrasi setelah kita mendaftar terlebih dahulu.
Saya cobain aja deh, iseng-iseng berhadiah kali ya…hehehe
Sebelum menyelam lebih dalam lagi ke dunia maya maka kalian harus persiapkan terlebih dahulu persyaratan2 yang akan diminta, adapun persyaratanya sebagai berikut…mau tau? Atau mau tau ajeee….hahahaha…wakwawww….
1.      KTP Terbaru tentunya
2.      Kartu keluarga
3.      Buku Rekening pilih antara 1 dari 3 Bank yang kerjasama dengan BPJS yaitu BANK BNI, BANK BRI, DAN BANK MANDIRI.
4.      Kuota Internet yang secukupnya aje dan printer untuk mengeprint Docx VA (Virtual Account) dan e-ID BPJS…hahahaha…

Oke langsung ke TKP saja yeee….wakwaww

Langkah pertama yaitu silahkan kunjungi official Web BPJS Kesehatan http://bpjs-kesehatan.go.id terus pilih menu Layanan -> pilih sub-menu Pendaftaran Peserta. Atau langsung akses halaman pendaftaran http://bpjs-kesehatan.go.id/index.php/pages/detail/2014/15
1
Halaman Utama Web BPJS
Setelah itu akan muncul halaman petunjuk pendaftaran, kemudian pilih button / tombol pendaftaran.
Halaman Petunjuk Pendaftaran
Halaman Petunjuk Pendaftaran
Maka akan muncul tampilan form pendaftaran, jika baru pertama mendaftar pilih jenis pendaftarannya : Pendaftaran Baru. Tapi jika sudah terdaftar pilih Pendaftaran Anggota Keluarga berdasarkan No.Registrasi.
Berhubung kabelnya sudah tersambung …hahahaaa saya  pendaftar baru maka saya pilih opsi 1 pendaftaran baru
Formulir Pendaftaran
Formulir Pendaftaran
.
  1. Kemudian lengkapi data formulir pendaftaran mulai dari Tab Identitas, Alamat, dan Fasilitas Kesehtan Tingkat I Kebetulan ane belum punya NPWP jadi ane kosongin no. NPWP. Jangan lupa pilih jenis kelas, dan yang terpenting adalah E-MAIL, karena berfungsi untuk konfirmasi dan aktivasi pendaftaran.
  2. Jika sudah terisi 3 form tersebut, isikan kode captcha yang ada dibawah email.
  3. Kemudian pilih simpan
  4. Maka akan terkirim email notifikasi ke email, seperti digambar.
Screenshot_7 .jpg
Konfim  email
Kalau ente ingin mendaftarkan anggota keluarga ente maka pilih tombol Entri Baru, nati akan muncul pop-up. Masukkan no registrasi yang telah dikirim ke email notifikasi.
4
Lengkapi data seperti pada saat ente memasukan data diri alamat dan faskes tingkat I.
Jika sudah lengkap dan selesai mendaftar maka akan diterima email notifikasi aktivasi sejumlah orang yang didaftarkan termasuk diri sendiri
  1. Pada email notifikasi klik link aktivasi pendaftaran.
  2. Akan muncul halaman aktivasi, dan muncul link unduh formulir yang telah terisi sesuai data yang dimasukkan dan orang-orang (anak/istri ente). Dan juga link Unduh Lembar Nomor Virtual Account ( ini penting untuk pembayaran via bank atau ATM )
    5
Sedangkan yang ke 3 yaitu link Cetak e-ID BPJS-Kesehatan akan muncul setelah kita melakukan pembayaran ke bank baik via teller maupun ATM maupun E-Bankin, maupun M-Banking. (hanya BRI, Mandiri dan BNI untuk saat ini)
  1. Klik link unduh Lembar Nomor Virtual Account (VA), nanti akan mendownload file pdf yang berisi nomor virtual akun BPJS per-individu, jadi jika ingin daftar 3 orang maka setiap virtual akun akan berbeda-beda dan diunduh melalui link aktivasi yang berbeda pada inbox email.
    Screenshot_6 .jpg
  2.  
Maksudnya gini,  klw ingin  daftar 3 orang yaitu saya, dan kedua orang tua saya, nah ntar di email saya terima ada 3 pesan untuk aktivasi punya saya, dan kedua ortu saya. Dan file pdf virtual akunnya beda-beda juga mengunduhnya karena virtual akunnya berbeda-beda. (paham ya? , kalau gak paham silahkan ngacung di alun-alun terdekat di kota anda, hehehe)
  1. Selanjutnya cetak masing-masing Virtual Account (VA) setiap individu, terus print, kalau gak di catat aja deh.
  2. terus ambil kunci motor dan berangkat ke ATM masukin kartu ATM, masukin PIN ATM terus pilih menu pembayaran, cari pembayaran menu BPJS Kesehatan.
  3. Kalau sudah ketemu masukan 16 digit nomor virtual akun individu yang akan dibayar. Misalnya punya ane dulu. Kalau sudah punya saya maka akan muncul struk bukti pembayaran punya saya, terus pilih lagi menu pembayaran -> menu BPJS Kesehatan. Masukan 16 digit nomor VA individu selanjutnya, misalnya punya kedua orang tua saya
  4. Jika pembayaran rebes bin beres, kita buka lagi laptop dirumah buka lagi email notifikasi link aktifasi setiap individu yang diterima tadi kemudian lihat pada halaman Aktivasi Pendaftaran link cetak e-ID sudah muncul dan e-ID sudah bisa diunduh dan dicetak sendiri, laminating, kasih hiasan hello kitty atau yang lainnya bebas lah…hehehe.
6
Link Unduh e-ID sudah muncul
Screenshot_6 .jpg
e-ID punya saya
  1. Kalau kata mbak website BPJS e-ID sama kedudukannya dengan kartu BPJS yang kita peroleh dengan mendaftar ke kantor cabang BPJS.
Katanya begini nih “Pemegang e-ID tidak dikenakan kewajiban untuk mengganti e-ID dengan kartu BPJS Kesehatan”

Bagaimana mudah bukan,  tidak perlu mengantri subuh, capek nunggu,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar