1.Definisi
dan Pengertian Merek
Merek merupakan nama, istilah , tanda, symbol. Lambang, desain, warna, gerak atau kombinasi atribut-atribut produk lainnya yang diharapkan dapat memberikan identitas dan diferensiasi terhadap produk pesaing. Pada dasarnya suatu merek juga merupakan janji penjual untuk secara konsisten menyampaikan serangkaian cirri-ciri , manfaat dan jasa tertentu kepada para pembeli. Merek yang baik juga menyampaikan jaminan tambahan berupa jaminan kualitas.
Merek merupakan nama, istilah , tanda, symbol. Lambang, desain, warna, gerak atau kombinasi atribut-atribut produk lainnya yang diharapkan dapat memberikan identitas dan diferensiasi terhadap produk pesaing. Pada dasarnya suatu merek juga merupakan janji penjual untuk secara konsisten menyampaikan serangkaian cirri-ciri , manfaat dan jasa tertentu kepada para pembeli. Merek yang baik juga menyampaikan jaminan tambahan berupa jaminan kualitas.
Merek sendiri
Mempunyai peran yaitu :
1. Sebagai identitas, yang bermanfaat dalam diferensiasi atau membedakan produk suatu perusahaan dengan produk perusahaan saingannya. Ini akan memudahkan konsumen untuk mengenalinya saat berbelanja dan saat melakukan pembelian ulang.
2. Alat promosi, yaitu sebagai daya tarik produk.
3. Untuk membina citra yaitu dengan memberikan keyakinan, jaminan kualitas, serta prestise tertentu kepada konsumen.
4.Untukmengendalikanpasar.
Merek memegang peranan penting dalam pemasaran. Ada perbedaan yang cukup besar antara produk dan merek (Aaker, 1996). Produk hanyalah sesuatu yang dihasilkan pabrik. Sedangkan merek merupakan sesuatu yang dibeli konsumen. Bila produk bisa dengan mudah ditiru pesaing maka merek selalu memiliki keunikan yang relative sukar untuk dijiplak. Merek berkaitan erat dengan persepsi, sehingga persaingan yang terjadi antara perusahaan adalah pertarungan persepsi dan bukan pertarungan produk
1. Sebagai identitas, yang bermanfaat dalam diferensiasi atau membedakan produk suatu perusahaan dengan produk perusahaan saingannya. Ini akan memudahkan konsumen untuk mengenalinya saat berbelanja dan saat melakukan pembelian ulang.
2. Alat promosi, yaitu sebagai daya tarik produk.
3. Untuk membina citra yaitu dengan memberikan keyakinan, jaminan kualitas, serta prestise tertentu kepada konsumen.
4.Untukmengendalikanpasar.
Merek memegang peranan penting dalam pemasaran. Ada perbedaan yang cukup besar antara produk dan merek (Aaker, 1996). Produk hanyalah sesuatu yang dihasilkan pabrik. Sedangkan merek merupakan sesuatu yang dibeli konsumen. Bila produk bisa dengan mudah ditiru pesaing maka merek selalu memiliki keunikan yang relative sukar untuk dijiplak. Merek berkaitan erat dengan persepsi, sehingga persaingan yang terjadi antara perusahaan adalah pertarungan persepsi dan bukan pertarungan produk
Sumber : Buku Strategi Pemasaran, Fandi Tjiptono, Penertbit Andi
Yogyakarta
Definisi dari Brand
Equity sendiri ada banyak diantaranya menurut Philip Kotller dan Hermawan
Kertajaya
Menurut Philip
Kotller
"Brand
equity is a set of brand assets and liabilities linked to a brand,its name and
syimbol,that add to or substract from the value provided by a product or
service to a firm and/or that firms costumer."
Philip kotller
mendefinisikan brand equity sebagai sejumlah asset dan liabilities yang
berhubungan dengan merek,nama,dan symbol yang menambah atau mengurangi nila
dari produk atau pelayanan bagi perusahaan atau pelanggan perusahaan.
Menurut Hermawan
Kertajaya
"Merek
adalah asset yang menciptakan value bagi pelanggan dengan meningkatkan kepuasan
dan menghargai kualitas"
Definisi ini menggambarkan peran merek
yang tidak hanya sebagai representasi dari produk yang dimiliki,tapi juga dapat
berfungsi untukmenciptakan nilai bagi pelanggan.
Contohnya
1.Merek Rokok Dji sam
Soe dari Hyyat memiliki asset yang tidak ternilai
2.PT PHILIP Moriss
Indonesia hingga 18 mei 2005 telah menguasai 97% saham perusahaan rokok PT HM
Sampoerna melalui penawaran tender,dengan harga Rp 10.600 per saham.Philip
Moriss mengeluarkan dana Rp 45.066 triliun untuk membeli 4.251.510.000 saham HM
Sampoerna
Sumber : Buku Understanding Brand Equity,Penerbit Erlangga
Merek yang dimiliki
oleh perusahaan akan menjadi kuat apabila memilki Brand Equity yang kuat
juga.Brand Equity yang kuat akan memberikan Value yang baik kepada pelanggan
maupun kepada perusahaan.
Pelanggan (Costumer):
1) Meningkatkan
Interprestasi atau proses penerimaan informasi pelanggan
2) Meningkatkan
keyakinan pelanggan dalam keputusan Pembelian
3) Meningkatkan kepuasan
mereka dalam menggunakan produk atau jasa
Brand Equity yang
kuat akan menimbulkan rasa Nyaman serta meningkatkan keyakinan dalam
penggunaan,dan akhirnya akan tercipta kepuasan bagi pelanggan.
Perusahaan(Company)
1)
Meningkatkan efisiensi dan efektivitas program pemasaran perusahaan
2)
Meningkatkan kesetiaan terhadap merek
3)
Meningkatkan Harga/Margin keuntungan
4)
Meningkatkan Brand Extension
5)
Meningkatakan Trade Leverage
6)
Meningkatkan keuntungan bersaing
a.Atribut Brand Awareness
David
Aaker dalam bukunya managing Brand Equity
"Brand Awareness is the ability of a
costumer potensial to recognize or recall that a brand is a member of certain
product category."
mendefinisikan
Brand Awareeness sebagai kemampuan dari pelanggan potensial untuk mengenali
atau mengingat bahwa suatu merek termsuk dalam kategori produk tertentu
Brand
Awareness sendiri memberikan value antara lain:
1.memberikan
tempat bagi asosiasi terhadap merek
2.memperkenalkan
merek
3.merupakan
sinyal bagi bagi keberadaan komitmen dan substansi merek
4.membantu
memilih kelompok merek untuk di pertimbangkan dengan serius.
Berikut adalah
tingkatan dari brand Awareenes
1.Unaware of
brand:Tahapan ini pelanggan merasa ragu atau tidak yakin apakah sudah mengenal
merek yang disebutkan atau belum
2.Brand
Reconition:Pada Tahap Ini pelangganmampu mengidentifikasi merek yang disebutkan
3.Brand Recall:Pada
Tahap ini pelanggan mampu mengingat merek tanpa di berikan stimulus
4.Top Of Mind :Pada
Tahap Ini pelanggan mengingat merek sebagai yang pertama kali muncul di pikiran
saat berbicara mengenai kategori produk tertentu
Contoh Brand
Awarenees
1.Unaware Brand :
Asepso menjadi merek sabun mandi yang tidak begitu di kenal konsumen karena
potitioning sabun tersebut sebagai antiseptic
2.Brand Recognition:
Dove disebutkan oleh konsumen dengan mengidentifikasi mereknya
3.Brand Recall:Lux
disebut konsumen setelah adanya stimulus mengenai merek tersebut
4.Top Of Mind :
Lifebuoy menjadi merek yang favorit yang langsung di sebutkan oleh konsumen
pertama kali saat di Tanya tentang kategori produk sabun mandi.
b.Atribute
Brand Association
David Aaker dalam
bukunya Managing Brand Equity mendefinisikan brand assotiation sebagai segala
sesuatu yang berhubungan di memori pelanggan terhadap suatu merek.
“Brand
Association is anything linked in memory to a brand”
Brand Association
memberikan banyak Value antara lain :
1.Memudahkan
pelanggan untuk mendapatkan informasi tentang merek
2.Mempengaruhin
interpretasi pelanggan atas fakta mengenai merek
3.Membedakan Merek
dari merek pesaing
4.memperkuat posisi
merek di pasar
5.alasan pelanggan
untuk menggunakan merek
6.Dasar untuk
melakukan pelunasan merek
Contoh Asosiasi merek
dengan atribut produk
1.Pepsodent whitening
diasosiasikan dengan pasta gigi yang dapat memutihkan gigi
2.sensodyne
diasosiasikan dengan pasta gigi khusus gigi sensitive
3.Close Up
Flavalicious diasosiakan dengan pasta gigi denga rasa permen dan buah
c.Atribute
Brand Loyalty
David Asker dalam
bukunya managing Brand Equity mendefinisikan bahwa brand loyalty adalah
sebuahukuran ketertarikan pelanggan terhadap suatu merek
“Brand
Loyalty is a measure of the attachment that a costumer has to a brand”
Tingkat ketertarikan
pelanggan terhadap suatu merek dapat terbagi dalam empat tingkat yaitu:
1.Switchers/Price
sensitive
Pada Tingkat Ini
pelanggan tidak loyal kepada merek atau belum memiliki brand Equity yang kuat
2.Satisfied/Habitual
Buyer
Pada Tingkat Ini
pelanggan merasa puas terhadap produk atau setidaknya tidak merasa tidak puas
terhadap produk perusahaan.
3.Satisfied buyer
with Swtihcing cost
Pada Tingkat ini
pelanggan merasa puas terhasdap produkmereka yang harusmengeluarkan biaya
tertentu apabila ingin berpindah merek.
4.Comitted Buyer
Pada Tingkat ini
poelanggan memilki rasa bangga menggunakan produk yang di tawarka oleh sebuah
perusahaan.
Contoh Tingkatan
Brand Loyalty
1. Switchers/Price
sensitive
Untuk produk
rumah,bagi segmen menegah kebawah harga sangat berpengaruh terhadap keputusan
pembelian
2. Satisfied/Habitual
Buyer
Konsumen yang terbiasa
makan permen rasa mint cenderung memilih permen apa saja asal memiliki rasa
mint,biasanya pada tingkatan ini konsumen memilih produk yang fast moving ciri
lainnya ditandai dengan diferensiasi yang kecil
3. Satisfied buyer
with Swtihcing cost
Penumpang pesawat
kelas bisnis merasa lebih puas meski harganya lebih mahal disbanding kelas
ekonomi karena adanya benefit lebih yang mereka dapatkan
4.Comitted Buyer
Pelanggan pda
tingkatan ini sangat tidak terpengaruh dengan penawaran tinggi dari pesaing.pengguna
motor Harley davidson merupakan contoh dimana mereka rela membeli segala
sesuatu yang berhubungan dengan merek tersebut meski dengan harga yang cukup
mahal.
d.Atribute
Perceived Quality
David Aaker dalam
bukunya Managing Brand Equity mendefinisikan Perceived quality sebagai persepsi
pelanggan terhadap kualitas atau keunggulan suatu produk atau jasa sehubunngan
dengan tujuan yang diinginkannya,dibandingingkan dengan altrernatif-alternatif
yang lain
“Perceived
Quality is the costumer perception of the overall quality or superiority of a
product or service with respect to its intended purpose relative to
alternative”
Perceived Quality
memberikan banyak Value antara lain:
1. Memberi alasan
bagi pelanggan untuk menggunakan produk barang atau jasa,semakin baik persepsi
pelanggan maka semakin tinggi potensi pelanggan untuk menggunakan produk
tersebut
2. Membedakan produk
barang atau jasa dengan produk pesaing
3. Memberi celah
untuk menetapkan harga premium atas produk barang atau jasa
4. Menciptakan ketertarikan
atas saluran distribusi untuk menyalurkan produk barang atau jasa karena roduk
di persepsikan dengan baik sehingga akan lebih mudah mendistribusikan ke banyak
pasar.
Contoh Indofood di
persepsikan positif oleh pasar sebagai perusahaan consumer good yang
mengutamakan kualitas,sehingga produk baru mereka yang dikeluarkan olehnya
dengan mudah dapat diterima oleh pasar.
e.Atribute
other assets
Element brand equity
yang akan dibahas selanjutnya adalah other asset.other asset memiliki bagian
sebagai berikut:
1.
Keunggulan bersaing dapat menjadi asset
atau suatu merek semakin kuat.keunggulan bersaing suatu merek maka brand equity
dapat meningkat karena pasar akan mengapresiasikan secara positif terhadap
keunggulan tersebut.
2.
Paten dari suatu merek dapat di jadikan
asset perusahaan karena dapat menunjukan kualitas dan kredibilats produk
sehingga brand equity akan tinggi.
3.
Merek dagang dapat menunjukan bahwa
merek suatu produk memiliki nilai jual yang tinggi sehingga brand equity produk
bisa tinggi
4.
Hubungan dengan Chanel akam membantu
suatu merek karena channel secara tidak langsung akan melakukan branding
terhadap produk,semakin baik hubungan perusahaan dengan channel maka semakin
tinggi pula usaha channel melakukan branding terhadap produk.
Contoh Other Asset
1.Keunggulan bersaing
Bali memiliki
keunggulan bersaing yang lengkap mulai dari keanekaragaman daya tarik
alam,social budaya masyarakat yang masih kental,juga daya tarik buatan yang
menarik bagi wisatawan,saat ini bali memiliki branding garapan dari kearifan
local menuju harapan global,dimana harapan pemerintah dan masyrakat bali adalah
menjadikan bali sebagai tujuan wisata yang di terima oleh masyakat Indonesia
dan internasional.
2.Paten
Pfizer mematenkan
Viagra yang emmilki kandungan slidenafil sitrat karena dapat menyembuhkan
penyakit hipertensi dan agina pectoris(kardovaskuller ishchemi.
3.Merek Dagang
Pada tahun 2005 coca
cola dinobatkan menjadi merek dagang terkenal di dunia untuk tahun keempat
secarat berturut-turut oleh perusahaan konsultan interbrand dengan nilai 67.5
milliar dollar amerika.sebelum mendapatkan paten sudah ada minuman lain di
amerika serikat,namun setelah mendapatkan paten coca cola menjadiminuman utama
yang di jual di soda fountain took minuman rinagn es krim dan sebagainya bahkan
beberapa pasar sudah mengaitkan coca cola dengan sejarah amerika.
4.Hubungan dengan
Channel
PT perusahaan dagang
dan industry Panamas yang 99% sahamnya dimilki HM Sampoerna di gandeng oleh
Philip morris untuk menjadi distributor eksklusif selama sepuluh tahun.selain
itu HM Sampoerna juga memiliki anak perusahaan PT Agasam yang mengelola sejumlah restoran atau café
dan took merchandise dengan label “It’s a Store”saat ini took yang beridi sejak
tahun 2003 itu sudah memilki delapan anak cabang yang tersebar di Jakarta dan
Surabaya,dengan berbagai pernak-pernik merchandise seperti kaos topi asbak
dompet dan tas yang kesemuanya itu logo A dijualdi took ini.
SelainAgamas HM
Sampoerna juga memiliki daham di PT Sumber alfaria Trijaya yang mengelola
jaringan mini market Bermerek alfamart.
Sumber :Buku Brand Operation,peng,Hermawan kertajaya dan Managing
Brand Equity,peng,David Aaker
Elemen-elemen merek
anatara lain:
1. Nama
Menurut David Aaeker
dalam bukunya Managing brand Equitymendefinisikan nama merek sebagai indicator
utama dari merek serta dasar bagi awareness pelanggan terhadap merek dan usaha
komunikasi yang dilakukan perusahaan terhadap merek.
2.Symbol
David Aaeker dalam
bukunya managing brand equity mendefinisikan bahwa symbol merupakan elemen
utama dari ekuitas merek serta sebagai kunci yang membedakan karakterristik
merekjika produk atau jasa sulit untuk di bedakan
3.Slogan
David Aeker dalam
buku yang sama juga mendefinisikan bahwa slogan dapat dibuat untuk strategi
positioning dan dapat di tambahkan ke nama merek dan symbol,tidakhanya terkait
dengan positioning slogan juga dapat menambah asosiasi merek menghilangkan
ambiguitas dari nama dan symbol serta memperkuat nama atau symbol.
4.Logo
biasanya logo,
adalah unsur grafik bagi tanda
niaga atau nama,
yang diatur dalam tulisan atau gambar font/jenis khas, atau diatur dalam bentuk
tertentu, dan boleh dikenali. Bentuk, warna, jenisnya.dan biasanya logo juga
memegang peranan yg penting dalam pencitraan sebuah merek
5.Desain
Penggunaan istilah design
atau desain bermula dari gambar teknik arsitektur (gambar potong untuk
bangunan) serta di awal perkembangan, istilah desain awalnya masih berbaur
dengan seni dan kriya. Dimana, pada dasarnya seni adalah suatu pola pikir untuk
membentuk ekpresi murni yang cenderung fokus pada nilai estetis dan pemaknaan
secara privasi. Sedangkan desain memiliki pengertian sebagai suatu pemikiran
baru atas fundamental seni dengan tidak hanya menitik-beratkan pada nilai
estetik, namun juga aspek fungsi dan latar industri secara massa, yang memang
pada realitanya pengertian desain tidak hanya digunakan dalam dunia seni rupa
saja, namun juga dalam bidang teknologi, rekayasa, dll.biasanya desain yang
terdapat pada produk juga merupakan element yang cukup penting untuk meanrik
perhatian dari para costumer.
6.Kemasan
Kemasan yang ada pada
produk merupakan salah satu element yang begitu penting selain sebagai kemasan
element ini bisa juga menjadi sebagai sara promosi untuk memperkenalkan atau ke
5 element yang ada diatas.maka dari itu setiap perusahaan berlomba lomba untuk
mendesain sebagus dan semenarik mungkin untuk menyita perhatian dari para
costumer.
Beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam
pemilihan elemen merek:
1. Mudah diingat
Artinya elemen merek yang dipilih hendaknya yang mudah diingat, dan disebut/diucapkan. Simbol, logo, nama yang digunakan hendaknya menarik, unik sehingga menarik perhatian masyarakat untuk diingat dan dikonsumsi.
1. Mudah diingat
Artinya elemen merek yang dipilih hendaknya yang mudah diingat, dan disebut/diucapkan. Simbol, logo, nama yang digunakan hendaknya menarik, unik sehingga menarik perhatian masyarakat untuk diingat dan dikonsumsi.
2. Memiliki makna
Artinya elemen merek hendaknya mengandung sebuah makna maupun penjelasan/ deskripsi dari produk. Diharapkan makna ini dapat mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsi produk tersebut.
Deskripsi makna yang terkandung dapat berupa:
a. informasi umum tentang kategori dan isi dari produk
b. informasi tentang komposisi penting yang ditonjolkan produk dan manfaat dari produk.
3. Menarik dan lucu
Pendekatan lain untuk menarik perhatian konsumen adalah dengan variasi elemen merek yang unik, lucu, pemilihan elemen yang kaya akan visualisasi dan imajinasi. Dalam hal ini yang ditonjolkan adalah desain yang menarik dan lucu.
4. Fleksibel
Artinya elemen merek dapat dimengerti dan tetap dapat diterima oleh daerah/pasar, bahkan budaya lain. Nama yang digunakan pun tidaklah terlalu sulit untuk diterjemahkan. Seringkali pemilihan elemen merek mudah diingat oleh masyarakat lokal, namun sangatlah sulit dimengerti oleh masyarakat lain. Hal ini tentunya akan menghambat produsen untuk masuk dalam pasar yang baru.
5. Legal
Artinya brand elemen tersebut sah menurut hukum dan undang–undang yang berlaku, sehingga berada di bawah perlindungan hukum.
Hal – hal yang berkaitan erat dengan merek adalah :
1. Nama merek (brand name), yaitu bagian dari suatu merek yang dapat diucapkan atau dilafalkan. Contoh : Avon, Toyota, Disneyland, Pepsodent, dan lain-lain.
2 Tanda merek (brand mark), yaitu bagian dari merek yang dapat dikenali,namun tidak dapat dibaca atau diucapkan. Tanda merek ini berupa logo, simbol, warna, gambar, desain.
Faktor – faktor yang mendasari pemberian nama merek sebuah produk antara lain:
1. Pemberian nama berdasarkan pencipta produk.
Contoh: Estee Lauder Cosmetics, Orville Redenbacher popcorn
2. Pemberian nama berdasarkan tempat
Contoh: Surabaya Plaza Hotel, British Airways, Sante Fe Cologne
3. Pemberian nama berdasarkan nama hewan / burung
Contoh: Mustang automobiles, rokok Kuda Mas
4. Pemberian nama berdasarkan obyek/benda tertentu
Contoh: Apple computers
5. Pemberian nama berdasarkan arti/makna produk tersebut,yang berarti nama menjelaskan keberadaan produk yang dipasarkan. Contoh: Just Juice
6. .Pemberian nama berdasarkan fungsi atau kegunaan produk
Contoh : Mop and Glo floor cleaner: produk pembersih lantai
Karakter brand supaya menjadi brand yang berpotensi
1. A quality product
Sejak kepuasaan konsumen digunakan untuk mengukur nilai-nilai merek (brand values), kualitas adalah nomor satu yang diinginkan konsumen.
2. Being first
Menjadi yang pertama dalam pasar, bukan dalam teknologi.
3. Unique positioning concept
Merek harus memiliki posisi konsep yang unik, yang akan membedakan dari pesaingnya
4. Strong communications program
Brand yang sukses harus disertai dengan penjualan yang efektif, pengiklanan, kampanye promosi yang akan mengkomunikasikan fungsi dari brand itu dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Dengan usaha yang keras, dan komitmen untuk memperkuat komunikasi itu, maka akan menimbulkan kesadaran konsumen akan brand tersebut.
5. Time and Consistency
Merek tidak dibangun dalam waktu yang cepat, membutuhkan waktu untuk membangun merek tersebut dan nilai-nilai yang ada di dalamnya. Dalam memelihara nilai-nilai merek dibutuhkan waktu yang berkesinambungan (terus– menerus) dan dihubungkan dengan perubahan lingkungan.
Fungsi brand (merek) :
1. Bagi konsumen :
a. Identifikasi mutu produk, baik berupa barang maupun jasa. Mutu/kualitas produk berupa barang nyata/tampak dari kondisi barang tersebut, baik dari kualitasnya sampai pada kemasan barang. Sedangkan produk yang berupa jasa, mutu/kualitas pelayanan adalah pelayanan kepada tamu.
b. Merek meningkatkan efisiensi pembeli. Dengan adanya nama/merek maka akan memudahkan pembeli menemukan produk yang dicari/diminati. Hal ini tentunya lebih efisien dan efektif.
c. Membantu menarik perhatian konsumen atas suatu produk baru yang mungkin memberikan keuntungan bagi mereka.
d. Untuk membantu mencegah terjadinya hal–hal yang tidak diinginkan okonsumen/resiko konsumen, baik resiko dalam hal kesehatan, resiko kesalahan fungsi produk, kesalahan harga, ataupun resiko ketidaklayakan produk/jasa tersebut dikonsumsi.
2. Bagi produsen, penjual :
a. Memudahkan penjual untuk memproses pesanan dan menelusuri masalah yang timbul.
b. Sebagai perlindungan hukum terhadap ciri khas produk, sehingga tidak ada produk lain yang meniru.
c. Membantu penjual dalam melakukan segmentasi pasar
d. Membantu penjual dalam menarik pelanggan/konsumen yang setia dan yang menguntungkan.
e. Membantu membangun citra perusahaan/produsen (jika merek tersebut menimbulkan persepsi positif di masyarakat)
f. Mengidentifikasikan produk dalam perdagangan
g. Mengidentifikasikan keunggulan produk yang dimiliki, yang membedakan produk tersebut dengan produk lain, terutama produk saingan.
Perusahaan baik perusahaan barang maupun jasa berusaha meningkatkan kekuatan mereknya di pasaran dari waktu ke waktu. Dalam hal ini produsen akan berusaha memperkenalkan produknya terutama keunggulan produk yang tidak dimiliki oleh produk lain.
Keberadaan merek bukan hanya semata–mata menunjukkan nama dari sebuah produk, namun lebih dari itu, merek menunjukkan nilai tambah dari produk dalam berbagai dimensi, yang membedakan produk tersebut dengan produk lain.
Kesuksesan dalam membangun merek yang kuat akan tercipta apabila elemen-elemen pendukung merek mendukung dan memberikan kontribusi yang positif guna terciptanya merek yang kuat di pasaran. Elemen–elemen yang dimaksudkan di sini adalah kualitas produk yang baik, kemampuan produk dalam memenuhi kebutuhan ataupun keinginan konsumen, kemampuan strategi marketing yang handal untuk terus memperkenalkan merek di pasaran melalui segala program–program marketing, sampai pada kemasan produk yang benar, baik dan menarik, harga produk yang sesuai dengan kualitas produk yang ditawarkan.
Dengan demikian, merek dapat terus dikenal, menjadi perhatian dan terus dikonsumsi oleh masyarakat (menciptakan keloyalan konsumen), dipercaya, sehingga merek tersebut menjadi merek yang kuat di pasaran.
2. Image
Pengertian image (citra) menurut Kotler (1992) adalah kepercayaan, ide, dan impressi seseorang terhadap sesuatu (Kotler, 1997, p.57). Sedangkan pengertian citra menurut Alma, Buchari (1992) citra merupakan kesan, impressi, perasaan atau persepsi yang ada pada publik mengenai perusahaan, suatu obyek, orang atau lembaga. (p.32). Bagi perusahaan citra berarti persepsi masyarakat terhadap jati diri perusahaan. Persepsi ini didasarkan pada apa yang masyarakat ketahui atau kira tentang perusahaan yang bersangkutan. Oleh karena itulah perusahaan yang sama belum tentu memiliki citra yang sama pula dihadapan orang. Citra perusahaan menjadi salah satu pegangan bagi konsumen dalam mengambil keputusan penting. Contoh: keputusan untuk membeli suatu barang, keputusan untuk menentukan tempat bermalam, keputusan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman, pengambilan kursus, sekolah, dan lain-lain. Citra yang baik akan menimbulkan dampak positif bagi perusahaan, sedangkan citra yang buruk melahirkan dampak negatif dan melemahkan kemampuan perusahaan dalam persaingan.
3. Brand image
Pengertian brand image (Keller, 2003):
1. Anggapan tentang merek yang direfleksikan konsumen yang berpegang pada ingatan konsumen.
2. Cara orang berpikir tentang sebuah merek secara abstrak dalam pemikiran mereka, sekalipun pada saat mereka memikirkannya, mereka tidak berhadapan langsung dengan produk Membangun brand image yang positif dapat dicapai dengan program marketing yang kuat terhadap produk tersebut, yang unik dan memiliki kelebihan yang ditonjolkan, yang membedakannya dengan produk lain. Kombinasi yang baik dari elemen–elemen yang mendukung (seperti yang telah dijelaskan sebelumnya) dapat menciptakan brand image yang kuat bagi konsumen.
Faktor – faktor pendukung terbentuknya brand image dalam keterkaitannya dengan asosiasi merek: (Keller, 2003)
1. Favorability of brand association / Keunggulan asosiasi merek.
Salah satu faktor pembentuk brand image adalah keunggulan produk, dimana produk tersebut unggul dalam persaingan. Contoh: Oliver Footwear merupakan penghasil alas kaki terbesar di Australia. Produknya adalah sepatu bot tinggi untuk tempur, sepatu tinggi untuk pemadam kebakaran. Sepatu bot yang diproduksi awal tahun 1990-an ini sekarang menjadi salah satu model sepatu terbaik di Australia. Kelebihan sepatu ini adalah kualitas yang unggul baik dalam hal model maupun kenyamanan pada saat di pakai. Sepatu ini
berusaha untuk terus mempertahankan “gaya gagah dan watak sederhana“.
Karena keunggulan kualitas (model dan kenyamanan) dan ciri khas itulah yang menyebabkan sepatu ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi kalangan orang muda, usahawan Barat kaya serta para wanita.
2. Strength of brand association/familiarity of brand association / Kekuatan
asosiasi merek
Contoh membangun kepopuleran merek dengan strategi komunikasi melalui periklanan: Hotel Shangri-la sebagai hotel bintang lima yang berhasil menampilkan diri sebagai merek hotel yang berkualitas di wilayahnya pada tahun 1990-an. Strategi yang digunakan adalah dengan melakukan kampanye iklan dengan slogan “Kemana lagi kecuali ke Shangri-La ?” Setiap merek yang berharga mempunyai jiwa, suatu kepribadian khusus. adalah kewajiban mendasar bagi pemilik merek untuk dapat mengungkapkan, mensosialisasikan jiwa/ kepribadian tersebut dalam satu bentuk iklan, ataupun bentuk kegiatan promosi dan pemasaran lainnya. Hal itulah yang akan terus menerus menjadi
penghubung antara produk/merek dengan konsumen. Dengan demikian merek tersebut akan cepat dikenal dan akan tetap terjaga ditengah–tengah maraknya persaingan.Membangun popularitas sebuah merek menjadi merek yang terkenal tidaklah mudah. Namun demikian, popularitas adalah salah satu kunci yang dapat membentuk brand image konsumen.
3. Uniquesness of brand association / Keunikan asosiasi merek
Merupakan keunikan–keunikan yang di miliki oleh produk tersebut. Sebagai salah satu contoh adalah usaha Negara Singapura yang dimulai pada tahun 1970-an, di mana Negara ini berusaha serius terlibat dalam dunia pariwisata. Pada tahun itu, Singapura sadar akan keberadaannya yang tidak memiliki kekuatan besar untuk meningkatkan pertumbuhan sektor pariwisata. Salah satu kendala terbesar adalah faktor minimnya dana. Kendala lainnya adalah:
1. Citranya sebagai Negara tujuan liburan sangat rendah bagi kebanyakan negara Barat yang saat itu menjadi pasar yang kuat di sektor pariwisata.
2. Agenda moderenisasi perkotaan pemerintah yang tidak sesuai dengan janji pelayanan orang asing yang unik yang biasanya dicari para wisatawan.
Sedangkan kelebihan yang dimiliki oleh Negara ini adalah: lokasi yang sangat strategis dan keberadaan singapura yang merupakan gudang serta pertokoan bebas bea cukai terbaik di Asia Tenggara.
Usaha yang dilakukan Negara Singapura dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya adalah dengan menciptakan keunikan–keunikan yang menarik perhatian masyarakat, antara lain :
1. Memberikan pajak yang kecil pada semua rekening hotel dan restoran pada organisasi–organisasi yang mendukung, berhubungan dengan sektor pariwisata.
2. Kampanye global untuk pertama kalinya yang diadakan oleh Dewan Pariwista pada tahun 1980-an. Sasaran utamanya adalah lalu lintas pengunjung di pasar–pasar Barat yang terpilih. Slogan yang di pilih adalah “Pulau Tropis yang Paling Mengagumkan di Dunia“. Lima macam iklan dengan variasi dan gambar yang berbeda–beda dimuat dan dirotasikan pada majalah–majalah populer sepanjang tahun. Lima publikasi beruturut–turut setiap minggu. Metode tersebut berhasil. Pemasangan iklan tersebut mampu menumbuhkan ingatan tentang Singapura bagi para pembaca baik dalam maupun luar negeri. Para pembaca merasa bahwa Singapura sedang berbicara kepada mereka setiap minggunya. Iklan tersebut sangat menarik dimana ditampilkan keunikan–keunikan Singapura sebagai Pulau Tropis yang paling mengagumkan. Keunikan tersebut sangat menarik perhatian dan terus diingat oleh pembaca. Selain iklan pada majalah, dibuat pula brosur-brosur yang juga memuat keunikan Singapura. Berikut salah satu contoh isi brosur “Apa yang dapat anda lakukan di singapura yang tidak dapat dilakukan di tempat lain? Pesiar sore hari dengan perahu Jung Cina model lama, makan malam, dilayani di bawah cahaya lampu lentera ketika kaki langit menghilang ditelan senja? Kopi Minggu pagi dengan kicauan burung berbulu bintik–bintik? Minum kopi dengan orang utan yang suka berkelakar seperti orang di sebelah Anda… ”.Singapura terus berjuang untuk mengembangkan dunia pariwisatanya dengan menonjolkan keunikan yang dimilikinya. Klimaksnya slogan”Pulau Tropis yang Paling Mengagumkan di Dunia“ diganti menjadi “Singapura yang Mengagumkan“. Usaha berkesinambungan dari Singapura membuahkan hasil, pada tahun 2000, sektor pariwisata menyumbang hampir US $ 6 milyar pada perekonomian Singapura. Beberapa keuntungan dengan terciptanya brand image yang kuat adalah:
1. Peluang bagi produk/merek untuk terus mengembangkan diri dan memiliki prospek bisnis yang bagus.
2. Memimpin produk untuk semakin memiliki sistem keuangan yang bagus.
3. Menciptakan loyalitas konsumen
4. Membantu dalam efisiensi marketing, karena merek telah berhasil dikenal dan
diingat oleh konsumen.
5. Membantu dalam menciptakan perbedaan dengan pesaing. Semakin merek dikenal oleh masyarakat, maka perbedaan/keunikan baru yang diciptakan perusahaan akan mudah dikenali konsumen.
6. Mempermudah dalam perekrutan tenaga kerja bagi perusahaan.
7. Meminimumkan kehancuran/kepailitan perusahaan.
8. Mempermudah mendapatkan investor baru guna mengembangkan produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar